Outrun vs. Vaporwave | Jangan tertukar lagi ya!

  

vaporwave outrun synthwave

Dari gambar diatas coba kalian tebak vaporwave yang sebelah mana? 
Kanan?
Kiri?
Atau keduanya sebenarnya sama?
Kalau outrun gimana? Udah pernah dengar?
Sebenarnya, salah satu dari gambar diatas adalah outrun yang sering banget disamakan dengan vaporwave. Tapi yang mana? Masih bingung nih, kanan atau kiri ya?

Mungkin, bagi kalian ini gak penting dan bertanya-tanya buat apa sih tahu bedanya. Toh, ga di pake di kehidupan juga.

Wow, sedih aku dengernya kalo kalian bisa sampe setertutup itu sama hal-hal yang menarik kaya gini :') Emang sih, hal-hal kaya gini cuma menarik buat orang-orang random, atau orang-orang yang emang minat sama dunia desain dan hal-hal kreatif yang berkaitan dengan ke-estetika-an.

Kalo buat aku sendiri, bisa tau jenis-jenis perintilan kaya gini lumayan berguna banget buat nentuin konsep. Entah itu portofolio design, iseng bikin projek video, searching wallpaper, gambar random buat edit-edit foto, searching film-film maupun anime dengan visual yang ngadopsi tampilan vaporwave atau outrunsampe jadi ide tema bikin desain powerpoint buat di presentasiin di kelas. Jadi, bisa dinilai sendiri betapa berharganya 'these little things' untuk aku, dan betapa berperannya hal-hal kaya gitu saat kita butuh ide atau konsep dalam menciptakan suatu hal yang kreatif.  

Menariknya, masih banyak orang yang menyalah-artikan vaporwave dan outrun sebagai genre yang sama. Biasanya, genre-genre ini banyak ditemui di game bertema futuristik. Yaa, ga dosa sih sebenernya buat salah artiin kaya gitu. Tapi, kan kalo ada jalan yang benar kenapa harus ambil jalan yang salah? Siapa tau, kalo kalian paham arti yang sebenarnya, kalian bisa dinilai expert oleh temen-temen tongkrongan, hihi.

Seperti yang udah disinggung di awal, vaporwave dan outrun punya perbedaan, loh. Walaupun masih selingkup, tapi menurut diagram Venn yang beredar di internet, pasal vaporwave dan outrun adalah dua himpunan yang berbeda! Serius, sampe ada diagram Venn-nya, guys.

Kalian tau gak sih, perihal kemiripan genre dunia per-estetikaan ini tuh udah jadi topik yang dibincangin dan dijadiin forum diskusi di reddit. Bahkan, referensi video di youtube seputar edukasi perbedaannya udah banyak banget! Nah, aku sendiri tahu tentang diagram Venn itu karena lihat video referensi dan baca-baca forum reddit. Kalo kalian mau lihat video lengkapnya, nanti aku kasih link video di bawah. Tapi, sekarang kita bahas dulu yuk, sebenernya seberapa jauh sih bedanya vaporwave dan outrun?

Dari yang aku baca di situs aesthetic.fandom.com vaporwave itu, awalnya genre musik yang bercabang dari genre electronic Chillwave. Contoh musik electronic Chillwave adalah Illusory by oDDling yang bisa kalian dengar di akun soundcloud nya oDDling. Pendapat ku waktu dengerin musiknya, ngingetin sama film-film Asia dan Barat dari tahun 90-an yang lagi bangga-bangganya sama modernisasi, komputerisasi dimana-mana, serta pergeseran budaya yang terjadi pasca perang menuju ke kebangkitan hidup yang glamour. Dibandingkan dengan genre musik, istilah vaporwave lebih melekat pada visualisasi yang banyak menghadirkan tampilan Windows 95, Macintosh, pohon palm, Pepsi, Fiji Water, warna neon, sampai Greek statue yang notabene hasil dari mitologi-mitologi bangsa Yunani menjadi ciri khas utama vaporwave

vaporwave macintosh


Font yang digunakan oleh gaya vaporwave biasanya terinspirasi dari komputer grafis era 90-an semacam VCR fonts dengan style teks ala 16-bit. Jangan lupa glitch! Ciri khas lain yang dimiliki vaporwave adalah banyak glitch.

Dibawah ini contoh lagu dengan visualisasi vaporwave.


Vaporwave juga identik banget sama gaya hidup konsumerisme, makanya sering kita lihat mall yang dihias pohon palem dan lampu neon sebagai bagian dari vaporwave seperti contoh dibawah ini. 

vaporwave palm mall

Gimana? Bisa dilihat kan dari gambar-gambar tersebut, warna khas vaporwave cenderung neon, bahkan sedikit melebur ke pastel--apalagi kalau udah bercampur sama genre future funk, tapi kita ga bahas ini dulu ya hehe nanti melebar.

Nah, udah diperhatikan unsur pada vaporwave? Sekarang gantian outrunya. Outrun juga sering disebut dengan synthwaveBerdasarkan dari yang aku baca dari aesthetic.fandom.com , genre ini membuat kita bernostalgia ke tahun 80-an, beda dikit lah sama vaporwave yang lebih muda, yaitu 90-an. Makanya, di vaporwave kita bakal banyak nemuin grafis ala Windows 95 dan Macintosh sebagai identitas futuristik dan modernisasi masa itu. Sedangkan di outrunpenggambaran futuristiknya lebih kepada bayangan orang-orang dimasa 80-an akan kehidupan di masa depan yang penuh dengan robot, mobil terbang, hologram, atau cahaya-cahaya asing dari pesawat luar angkasa. Sedangkan, musik yang identik dengan outrun adalah genre French house, dimana unsur funk-nya lebih kental dibanding electro chillwave yang dimiliki vaporwave. Dibawah adalah contoh dari musik dengan visualisasi outrun


Outrun sendiri banyak dijumpai pada poster tahun 80-an yang fontnya seperti dibawah ini :

outrun synthwave retro font

Beda sama vaporwave yang style font nya ala-ala piksel di console game gitu. Nah, dari gambar diatas kita udah dapat menemukan banyak banget ciri khas outrun. Ya, mobil! Hal ini bisa kalian temui juga di film Drive dan Blade Runner 2049. Mobil yang sering muncul pada style outrun biasanya adalah Countach (Lamborghini) dan Testarossa (Ferrari). Kalo dari yang aku liat di visualisasi outrun di youtube, sang driver selalu berkendara di malam hari bermandikan cahaya lampu kota (city light), lintasan grid, dan terdapat long exposure dari lampu belakang mobil seolah-olah hal tersebut bakal terjadi dikehidupan nyata dimasa depan. Di vaporwave, mobil yang dipakai biasanya muncul adalah mobil Jepang klasik seperti Nissan dan Toyota. Hal ini dikarenakan vaporwave memang kental dengan unsur modernisasi Jepang.

outrun synthwave bladerunner
pict from Blade Runner 2049 's scene

outrun synthwave drive movie
pict from Drive's scene

Ada hal lain yang menjadi ciri khas outrunyaitu warna. Palet warna outrun lebih cenderung ke versi malamnya vaporwave. Dimana style outrun juga memiliki neon tapi tidak seterang vaporwaveOutrun lebih banyak mengadopsi warna gelap seperti ungu, hitam, merah, dan biru. Outrun juga identik banget sama penggambaran futuristik yang sifatnya hampir utopia, karena pendapatku sendiri entahlah apakah hal-hal seperti yang ada di film-film mengusung konsep outrun bakal terjadi dimasa depan atau tidak. Bayangkan kehidupan kalian bakal dibanjiri cahaya ungu, semburan cahaya laser dari pesawat luar angkasa, dan mobil yang bakal mengeluarkan cahaya karena melaju dengan cepatnya. Keren sih.


outrun synthwave bladerunner joi



outrun synthwave retro drive poster

Satu hal lagi, outrun sering disandingkan dengan cyberpunk. Hal ini karena cyberpunk dan outrun memiliki kesamaan visualisasi yang hampir sama terhadap kehidupan masa depan, yang mana ada unsur kemajuan teknologi dan sains, tetapi juga ada unsur utopianya. Dari yang tergambar di diagram dibawah, baik vaporwaveoutrundan cyberpunk memang memiliki irisan. Jadi, ketiganya memiliki beberapa unsur kesamaan. Tapi kita tidak membahas cyberpunk dulu, ya. Dua diagram outrun dan vaporwave memiliki kesamaan setting warna yang secara garis besar kental dengan unsur neon.

outrun synthwave vaporwave cyberpunk

Oia, ada lagi nih. Bedanya outrun dan vaporwave adalah, matahari yang sering divisualisasikan pada outrun lebih menampilkan warna terang seperti merah, kuning, atau orange. Sedangkan vaporwave memilih mint, ungu, dan pink. Didalam outrun juga ga ada tuh yang namanya patung-patung 'estetik' ala vaporwave
Tapi, perlu digaris bawahi aturan-aturan tersebut ga strict banget, bisa aja vaporwave melanggar batas teritorialnya dan mengadopsi unsur dari outrun. Atau sebaliknya. Misalnya, sah-sah saja apabila gambar dengan unsur outrun yaitu mobil Testarossa yang sedang melaju melewati landscape wire terrain atau gundukan tanah dengan grid, diberi glitch; yang mana merupakan unsur vaporwave

Duh, gambar-gambar diatas jadi ingetin aku sama GTA Vice City yang sometimes ada vibe outrun yang lagi masuk ke batas teritori vaporwaveDulu rajin banget main pas SMP, sayangnya makin tua makin gaada waktu buat healing dengan cara nge-game gitu, paling ya cuma dengerin lagu, nonton film atau tidur huft.
Eh, sorry intermezzo dikit.

Nah, itu lah perbedaan-perbedaan Vaporwave dan Outrun. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman yang lagi cari info tentang art movements. Semoga bisa membantu juga untuk teman-teman yang mau berkarya, atau mencari inspirasi, musik, film, sampai hiburan lain. Yang terpenting, jangan sampai tertukar lagi ya, guys!😥😥


Link video Outrun vs. Vaporwave :


written and posted by sy_syifa




Komentar

Top Articles