Personal Color : Autumn Season

Autumn Season 


source : google.com

Tibalah kita pada pembahasan tipe yang ketiga, yaitu autumn. Tipe ini adalah tipe yang penuh warna-warna earthy. Surganya para pemilik kulit sawo matang, karena rata-rata pemilik kulit sawo matang suka banget pakai warna-warna earthy. Padahal, tipe autumn, gak semuanya diisi orang-orang sawo matang, loh. Ada juga yang jenis fair skin, tetapi memang kebanyakan orang dengan tipe autumn adalah orang-orang dengan kulit yang lebih warm, golden undertone, atau sawo matang. Sawo matang disini bukan berarti setiap pemilik kulit medium to dark, ya. Karena, tidak semua kulit sawo matang itu punya undertone warm.

Sayangnya, banyak orang-orang yang justru mengira bahwa kulit yang sawo matang atau kekuningan pasti jenis warm atau autumn. Makanya, para pemilik sawo matang sering pakai baju warna-warna earthy seperti yang ada pada palet autumn.

Padahal, warna kulit yang kekuningan justru kebanyakan dimiliki oleh spring dan winter. Khusunya, winter. Hal ini menyebabkan tipe winter lebih cocok pakai baju dan makeup yang memiliki sedikit kandungan warna kuningnya. Kalau tipe winter pakai yang kuning-kuning, wah jadi semakin terlihat kuning deh kulitnya. Tipe yang kebanyakan diisi orang dengan kulit lebih gelap adalah summer dan autumn


Sebenarnya, warna yang lebih gelap pada kulit autumn disebabkan oleh kurangnya pigmen kuning. Kurangnya pigmen kuning menyebabkan keabuan lebih dominan. Orang yang kurang warna kuning akan terlihat lebih pucat, kelelahan, kusam, atau seperti orang sakit. Tipe summer memang memiliki unsur keabuan pada physical featurenya, namun tipe summer tidak terlihat sepucat tipe autumn. Oleh karena itu, tipe autumn perlu banyak unsur kuning pada makeup dan bajunya.

Physical feature jenis autumn biasanya kontrasnya rendah, sama seperti summer, kan? Hal ini karena unsur keabuan pada kedua tipe ini sangat berperan. Warna rambut paa tipe autumn memiliki undertone kemerahan, baik itu coklat sampai deep red atau keemasan. Warna mata mereka memiliki sedikit keabuan, yaitu hazel. Selain itu, warna mata yang dimiliki banyak orang pada tipe autumn ialah warm green atau olive, dan black brown.

Nah, sekarang kita mulai bahas satu per satu, ya.

Soft Autumn



Masih ingat terakhir kita bahas apa dipostingan sebelumnya? Ayo, kalo lupa diklik ya link dibawah ini.


Pada tipe summer kemarin, terakhir kita bahas soft summer. Nah, pada tipe autumn ini, soft autumn justru menjadi yang pertama dibahas. Soft autumn memiliki karakter seperti yang ada pada soft summer. Sehingga, terdapat beberapa warna dengan karakteristik soft summer yang bisa kita temui di palet warna soft autumn.

Ciri jenis soft autumn :
  • Hue neutral cenderung warm.
  • Value nya medium, tidak terlalu muda tidak juga terlalu tua.
  • Chromanya Very Soft. Ini merupakan kunci jenis soft autumn, yaitu chroma. Karena terinfluence dari jenis soft summer, maka soft autumn juga kental akan warna keabuan.


Physical feature pada tipe soft autumn memiliki warna mata biru, warm grey-green, light brown, dan hazel. Untuk warna pada mata mereka, biasanya adalah blonde yang kental dengan undertone keemasan dan merah.

Artis dengan tipe soft autumn adalah Ha Yeon Soo dan Gigi Hadid.




True Autumn

Ini merupakan jenis yang menjadi core atau inti autumn. Karena, definisi warna earthy dari unsur alam benar-benar ada pada tipe true/warm autumn
Cirinya :
  • Hue Very Warm. Nah, ini adalah kunci tipe true autumn. Temperature sangat berperan pada penampilan orang-orang dengan tipe true autumn
  • Valuenya medium atau warnanya tidak terlalu muda dan tidak juga terlalu tua.
  • Chromanya juga medium. Sehingga, warna pada palet true autumn tidak terlalu keabuan (soft), tetapi tidak juga terlalu cerah (clear).

Karakteristik physical feature pada tipe true autumn adalah red undertone. Red undertone lebih terlihat pada tipe autumn dibanding tipe spring. Tipe spring warm nya lebih ke orange, tipe autumn warm nya lebih ke red/merah. Warna mata pada tipe ini, rata-rata adalah cokelat, dark hazel, dan olive. Warna rambut pada tipe ini biasanya merah tua, auburn, deep golden blonde, dan medium golden brown.

Artis dengan jenis true summer adalah Julia Roberts dan Lee Sung Kyung.




Dark/deep Autumn


Cirinya :
  • Hue-nya neutral to warm, artinya tipe ini tidak terlalu diisi oleh warna-warna warm saja.
  • Value nya Very Dark/deep. Ini adalah kunci tipe deep/dark autumn, warna-warna pada palet ini diisi oleh warna tua.
  • Chroma nya medium to bright. Hal ini dikarenakan tipe deep/dark autumn terinfluence oleh tipe deep/dark winter yang memiliki karakteristik cukup bright.



Physical feature tipe deep/dark autumn juga didominasi oleh warna-warna tua. Warna mata mereka adalah dark brown, dark green, dan dark hazel. Untuk warna rambut mereka adalah dark brown dan deep chestnut.

Artis dengan tipe deep/dark autumn adalah Jennie dan Jessica Alba.




Wah, gimana nih udah sejauh ini kita mengulas seasonal personal color. Gak kerasa, pembahasan tinggal sisa satu jenis lagi, yaitu winter. Rencananya aku bakal buat kesimpulan dan ringkasan dari semua pembahasan terkait seasonal personal color. Aku juga bakal kasih sedikit referensi tentang tipe tambahan untuk jenis-jenis seasonal color. Jadi, total ada 16, karena tiap jenis ditambah 1 tipe. Tapi, aku buat diakhir-akhir setelah kalian paham ke-12 tipe. Setelah paham, baru deh aku kasih suplemen lebih, heheh.

Kalo mau langsung baca jenis winter. Yuk, cek postingan selanjutnya.


Baca juga : 




Komentar

Top Articles