Your Outfit Planner Machine #2 | Steal The Look Edition!


Clips from Clueless (1995)
source : google.com

Suka bingung gak sih mau pake baju apa pas mau keluar rumah, terlebih lagi kalo mau ngantor...(kalo yang udah pada kerja nih)

Apalagi kalo nengok koleksi baju di lemari yang ternyata hampir mirip semua dan items-nya mentok-mentok di kaos. Kan agak down ya kalau dinilai orang kantor, kok kita pakai baju yang itu-itu aja :( 

Udah coba cari baju di online shoptapi kok yo jatoh ke lubang yang sama--kebelinya baju itu-itu lagi; mirip sama yang ada di lemari. Nah, gimana dong kalau kalian sering ngalamin hal kayak gitu?

Biasanya, hal itu terjadi karena kalian belum punya ide atau pemikiran gimana cara mix and match sama outfit items yang udah ada di rumah. Berikut udah aku rangkumin looks yang bisa kalian contek dari aktris-aktris drama dan film, supaya inspirasi kalian buat mix and match semakin luas, dan engga beli baju yang itu-itu lagi ya gengs.

Tapi...emang perlu ya memperhatikan penampilan buat seorang pustakawan ?

Kalo jawabannya 'tidak', hm salah besar. 

Gaenak dong kalo mau ketemu orang penting atau atasan. Khususnya, kita nih para calon pustakawan yang bakal berhadapan sama pemustaka.

Jujur, ya gak semua pemustaka bisa tolerance sama penampilan kita saat kita sedang melayani mereka. Contoh, aku pernah datang ke suatu perpustakaan, dan kebetulan ini belum jam istirahat makan siang. Habis itu, aku dilayani oleh pustakawan yang pakai sendal jepit, lengannya digulung, tangannya masih berminyak-minyak dan masih sedikit ngunyah sesuatu di mulutnya. Hihi, jadi keinget lagi deh sama kejadian ini. Cukup menggelitik, tapi aku gak bermaksud gimana-gimana ya sama penampilan pustakawan tersebut. Cuma, dengan cara melayani seperti itu aku jadi mempertanyakan, "apa aku ganggu me time dia, ya?" 

"kok santai banget" sampe aku mikir "niat melayani atau engga sih, kok kaya gini" :')

Entah karena itu memang pustakawannya yang emang belum siap-siap untuk melayani, atau abis dari toilet, atau ada atau-atau yang lain... . aku gatau. 

Intinya, penampilan saat lagi kerja itu penting guys :( karena pustakawan bakal berhadapan sama pemustaka, jadi sebisa mungkin timbulin citra baik dan harus professional sampe ke urusan-urusan yang dianggap "Ah! ribet amat!"-- kayak urusan penampilan ini nih.

Emang sih, waktu itu gak ada yang salah sama penampilan pustakawannya, baju yaa standard--blouse, celana panjang, kerudung segi empat rawis merek Saudia (hahah aku ada satu dirumah). Tapi, ya itu. Udah penampilannya standar--gak ada point of interest-nya, pas menghadapi pemustaka malah ditambahin look abis makan nasi padang, ya makin engga ada point of interest-nya😭

Tapi, aku gak menggeneralisir kalo looks orang pake kerudung segi empat rawis merek Saudia yang lagi makan nasi padang itu gapunya point of interest yak! hihihi. Konteksnya disini orang tersebut adalah pustakawan yang lagi dihadapkan sama pemustaka, loh. Jadi, harus professional, ya kan?

Nah, gimana tuh biar pustakawan punya point of interest saat menghadapi pemustaka? Udah pasti jangan ngelayanin pemustaka dengan kondisi kaya tadi yaa. Cuci tangan dulu, jangan lap pake tisu doang! It's a big no, itu minyak masih ada ditangan, kalo kamu buka-buka halaman buku gimana? Hayo, masa karena kelalaian pustakawan jadi berakibat pada tindakan mengotori buku... .  

Abis itu, rapihin bajunya dan jangan tunjukin sendal kamu ke depan pustakawan yaa:( gak peduli sendal kamu merek gucci sekalipun, kalo bisa tetap tunjukkin formal looks as a professional di depan pemustaka, yaa. Ini opini ku aja sih, tapi pustakawan juga perlu jaga penampilan kalo mau ketemu pemustaka. Kalo kita nunjukkin citra baik, pemustaka pasti bakal segan tuh mau tanya-tanya seputar perpustakaan. Siapa tau, si pemustaka berbagi pengalamannya ke kerabatnya waktu datang ke perpustakaan kita, dan pengalaman yang dia share bakal jadi citra positif bagi perpustakaan kita. 

In my opinion lagi nih, ketika kita datang ke perpustakaan yang lengkap banget, tapi kalo pustakawannya kurang professional--dalam segi kepribadian dan penampilan, ya buat apa? Pustakawan kan yang menjembatani informasi yang disajikan perpustakaan kepada pemustaka, kalo pustakawannya aja menimbulkan citra tidak baik gimana pemustaka bisa membuka hati sama informasi yang dimiliki suatu perpustakaan? Menurut ku, sebelum ke koleksi atau informasi yang ada di perpustakaan, yang bakal diingat oleh pemustakanya ya.. pelayanan pustakawannya. Walaupun koleksinya terbatas, tetapi ketika pustakawan menimbulkan citra baik--entah itu dari segi kepribadiannya atau penampilannya, maka pemustaka juga bakal senang untuk datang lagi.

Untuk itu, supaya meminimalisir citra tidak baik tersebut. Kita bisa loh, nyontek penampilan-penampilan aktris di bawah ini buat diterapin pas kita lagi menghadapi pemustaka, yuk langsung aja.

let's steal the look!



1. Rachel Green (Jennifer Anniston) in F.R.I.E.N.D.S (1994)

source : google.com

Untuk kalian yang lagi ada acara formal, atau emang lagi pengen aja pakai baju formal, nih bisa banget contek look a la Rachel Green dalam serial F.R.I.E.N.D.S. Kalau kalian pengen nyoba formal look, catat ya minimal punya blazer warna netral kayak hitam, abu-abu, broken white, atau cream. Setelah ada fashion item tersebut, kalian udah gampang nih mau mix and match sama faashion item lain yang ada dirumah, kayak kaos atau kemeja. Inget ya! Blazer is a must !


2. Evelyn Carnahan (Rachel Weisz) in The Mummy (1999)

source : google.com

Nah, Evelyn Carnahan dari film The Mummy (1999) ini bener-bener menceritakan karakter seorang pustakawan, loh. Menurut ku sih stereotip orang-orang tentang style pustakawan tergambar banget dalam karakter Evelyn ini. Pakai kacamata, lengan digulung, selalu sibuk shelving, dan muka lelah karena ngurusin buku... . Heheh. Tapi, style dari karakter Evelyn emang chic banget, guys. Cuma pakai kemeja putih, belt, dan pencil skirt aja, loh. Emang, yang minimalis gini, tuh lebih enak dipandang daripada yang harus tabrak motif. Saran dari aku juga, kalau gak terlalu terbiasa pakai scarf , bisa di skip kok. Terus, kalau kurang nyaman pakai pencil skirt, bisa diganti A-line skirt kok. Tips lainnya, nih dari aku, biar makin vintage kayak Evelyn, jangan lupa tambahin jam tangan kulit ya. Dan, usahakan from head to toe pilih items yang bernuansa warna-warna earth tone aja, yaa. Ini untuk mencegah ada tabrak warna yang kadang kurang enak dilihat, cari aman aja ya guys. Kalau ke kantor pakainya yang simple aja, eksperimen warnanya di keep dulu sampai waktunya hangout sama teman-teman, heheh.


3. Jules Ostin (Anne Hathaway) in The Intern (2015)

source : google.com

Seperti yang tadi aku bilang, blazer is a must! Ini adalah basic fashion items yang minimal harus kalian punya kalau mau coba formal look. Cuma, blazer yang dikenakan Anne saat memerankan karakter Jules di film The Intern, udah main motif nih. Agak hati-hati kalau mau mix and match, jangan sampai tabrak motif. Contek aja cara Anne memadupadankan blazer warna navy dan inner yang berupa kemeja polos warna biru. Lihat juga celananya! Warnanya abu kehijauan dan masih memiliki tone yang sama dengan atasannya kan? Ini tips juga loh, pilih fashion items dengan tone yang sama walaupun warna dari items tersebut berbeda. 

source : google.com

Masih dari film yang sama, Anne lagi-lagi nunjukkin casual style yang bisa banget ditiru karena ini simple banget! Blouse polkadot hitam dan loose pants dengan warna senada cocok buat para pustakawan yang lagi ngalamin busy day karena harus bolak-balik shelving. Kalau sepatu, bisa disesuaikan kok senyamannya kalian, gak perlu pakai cone heels. Bisa pakai basic white sneakers, atau oxford shoes warna hitam atau coklat.



4. Sophie Neveu (Audrey Tautou) in The Da Vinci Code (2006)

source : google.com

Nah! Ini juga pas banget buat kalian yang mau coba casual and cozy look. Cirinya adalah... cardigan! Cardigan is a must for this look. You can still rock with this look walaupun innernya kamu ganti gak harus kemeja, bahkan bisa blouse atau kaos. Bawahannya bisa disesuaikan aja nih, sama tingkat keaktifan kamu. Kalau sekiranya pekerjaan kamu lagi gak banyak, bisa pakai rok A-line. Kalau lagi butuh ruang gerak lebih, bisa pilih untuk pakai loose pants.

source : google.com


5. Holly Golightly (Audrey Hepburn) in Breakfast at Tiffany's (1961)

source : google.com

Ini adalah look ter-simple yang dapat kita contek dari aktris legendaris Audrey Hepburn di film yang berjudul Breakfast at Tiffany's. Cocok banget buat kita yang kadang suka tiba-tiba males neko-neko dan measure kecocokan antar fashion items pas mau keluar rumah. Cukup pakai sweatshirt atau turtle neck, terus combine sama loose pants warna hitam atau abu-abu. Gorgeous! 



6. Song Ma Rin (Shin Min Ah) in Tomorrow With You (2017)

source : google.com

source : google.com

Nah, sleeveless blazer atau vest juga bisa jadi basic items yang harus kalian punya kalau kalian mau pakai formal look. Kayak Shin Min Ah yang memerankan karakter Song Ma Rin di drama Tomorrow Wtih You, nih. Apalagi, kalau sleeveless blazer yang kamu punya warnanya netral kayak hitam, putih, atau khaki. Makin enak deh mix and match sama fashion items lain, misalnya inner-nya kemeja, dan bottom-nya pleated skirt atau A-line skirt. Opsi kemeja buat yang mau tampil lebih feminim, bisa cari kemeja yang ada lace atau rendanya. Tinggal pakai loafers, mules shoes, atau oxford shoes. Jadi deh preppy look-nya! Pas banget pokoknya buat kalian-kalian calon pustakawan! Heheh.



7. Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) in It's Okay, That's Love (2014)

source : google.com

Aktris Gong Hyo Jin emang udah terkenal banget sama casual look-nya, pokoknya juara! Apalagi di drama It's Okay, That's Love ini kita bisa nemuin banyak banget ide-ide casual look yang bisa di contek buat ngantor. Gambar diatas adalah karakter Ji Hae Soo yang diperankan Gong Hyo Jin, dengan setelan white blouse dan di mix sama sleeveless vest. Seperti yang aku udah bilang sebelumnya, sleeveless vest dengan warna netral, kayak yang dipake Hae Soo adalah must items, guys! Karena, gampang di mix sama fashion items lain, biar outfit kamu gak keliatan ngebosenin. Untuk kemejanya, bisa kok pakai yang polos, atau kalau mau agak preppy cari yang ada lace nya, seperti yang dikenakan Hae Soo. Kerahnya lucu banget!

source : google.com

source : google.com

Look lain yang bisa kamu tiru dari Hae Soo adalah loose shirt-belt-high waisted pants or denim. Udah, itu aja kunci look ngantor biar mirip kayak Hae Soo. Loose shirt emang cocok banget kalau kamu paduin sama high waist denim, jadinya bakal keliatan santai tapi tetep chic. Tapi, gak semua perpustakaan mengizinkan pustakawannya pakai denim kan? :') Alternatifnya adalah, kamu bisa ganti dengan high waist pants atau loose pants yang pakai bahan kain katun atau crepe biar gak terlalu ngetat kayak denim. 



8. Pyo Na Ri (Gong Hyo Jin) in Jealousy Incarnate (2016)

source : google.com

Lagi-lagi Gong Hyo Jin, aku naksir banget sama semua look dia di setiap drama. Semuanya chic, tapi simple! Fashion items-nya juga gak macem-macem, masih gampang dicari, bahkan gak jarang semua fashion items dalam satu look dia ada semua di lemari ku! Hehe. Jadi, selain look dia yang enak dilihat, tapi bisa juga dijadiin inspirasi. Contek, yuk salah satu look Gong Hyo Jin saat memerankan Pyo Na Ri dalam drama Jealousy Incarnate. Sweatshirt dan granny skirt adalah salah satu retro look yang masih bisa banget dijadiin outfit ngantor. Untuk kalian yang pakai hijab, tinggal pilih granny skirt yang panjang, ya. Aku lebih suka pakai yang panjangnya 7/8 sih, tapi kalau kalian mau pakai yang semata kaki juga silakan aja... heheh. Untuk sepatunya bisa pakai loafers, mules shoes, atau oxford shoes. Wah, pokoknya pas buat para pustakawan, deh. Look-nya simple, chic, dan pastinya tetap sopan.



9. Phoebe Buffay (Lisa Kudrow) in F.R.I.E.N.D.S (1994)

source : google.com

Coba kalian tanya nenek atau ibu, mungkin mereka masih nyimpen rok jadul kayak gini--sering disebut granny skirt, karena motif bunga-bunga terkesan tua dan jadul, identik sama rok-nya nenek-nenek. Tapi, granny skirt bakal bagus buat dijadiin outfit ngantor, karena look ini sopan dan kalem banget. Sama kaya look di nomor 8, dimana si aktris kelihatan menawan banget pakai rok jenis ini. Biasanya, bahan rok ini flowy banget, jadinya bakal mendukung buat para pustakawan yang sibuk bolak-balik tanpa harus ribet ngangkat-ngangkat rok karena bikin susah jalan. Untuk look yang dipake Phoebe, rok ini dipaduin sama atasan oversize sweatshirt. Menurut aku cozy look kayak gini cocok deh buat dipake ngantor kalo kalian gak mau pakai baju yang terlalu formal.

source : google.com

Baju-baju Phoebe di serial sitkom F.R.I.E.N.D.S lucu-lucu banget, guys. Gak kalah iconic sama yang Rachel pakai. Apalagi, look yang kedua ini, nih! Layering antara sleeveless dress sama inner kaos kayanya lagi digandrungi banget di masa itu. Tapi, masih cocok loh buat dipakai zaman sekarang. Old school look sedang in lagi, nih. Bisa banget tiru cara layering kayak Phoebe, biar outfit kamu gak ngebosenin. Misalnya, kamu ada satu dress sleveless aja. Tapi, kamu ada banyak inner yang menurut kamu pas nih buat di mix sama sleveless dress kamu. Bisa ganti selain kaos putih, jadi kaos hitam, longsleeve cream, longsleeve hitam atau putih, bahkan kemeja apa pun yang ada di lemari kamu. Cuma, untuk yang pakai hijab, sesuaikan aja ya sama panjang dress yang kalian mau. Seperti biasa, aku lebih suka pakai yang 7/8, nanti tinggal pakai leggings dan kaos kaki biar ketutup. Sepatunya aku lebih saranin oxford shoes atau loafers.



10. Cheon Song Yi (Jun Ji Hyun) in My Love from The Stars (2013)

source : google.com

90's! Biasanya karakter Cheon Song Yi pakai baju-baju yang mencolok dan trendy banget. Tapi, untuk look satu ini, bisa banget dicontek buat ngantor. Lihat perpaduan warnanya, aku jadi inget sama series 80 sampai 90-an :') Apalagi celananya, floral prints! Cantik banget dipaduin sama belt cokelat, yang mana warna tersebut masih nyambung sama warna di motif bunga yang ada di celananya. Warna celananya juga masih satu tone sama top-nya. Bagus banget pokoknya. Ini bisa jadi alternatif buat kalian yang kurang suka pakai rok, tapi masih nyari floral prints buat bawahan. Pilih look ini, ya! Sebenernya bisa juga diganti corduroy pants polos warna tosca atau camel, karena masih masuk banget sama warna atasannya. Sepatunya bisa pilih oxford shoes atau loafers, biar makin vintage!



11. Tai Frasier (Brittany Murphy) in Clueless (1995)

source : google.com

Kita gak usah meragukan lagi semua look Alicia Silverstone yang iconic banget saat memerankan Cher di film Clueless. Tapi, kita jangan lupain juga look Brittany Murphy yang memerankan Tai. Cardigan and plaid skirt is the key of this look. Cocok nih buat pustakawan yang masih mau berasa a la anak kampus. Pilih bahan plaid skirt yang agak ringan ya, karena kita gak pakai yang mini begitu guys. Masa mau ketemu pemustaka pakai se-mini itu, ya bakal diomelin atasan. Nah, karena kita pakainya yang panjang, udah pasti makin berat kalau bahan yang dipilih itu tebal. Jadi, buat senyaman mungkin, ya. Sepatunya bakal lucu banget kalau kalian pakainya oxford shoes. Kalau kalian kerja di perpustakaan perguruan tinggi, bisa nyaru nih sama mahasiswanya. Karena look ini bikin berasa kayak anak ngampus, hehe. 



12. Anna Scott (Julia Roberts) in Notting Hill (1999)

source : google.com

Lagi-lagi cardigan! Fashion items yang satu ini emang salah satu must items buat mix and match. Pilih warna cardigan yang kalem atau netral supaya masuk ketika dipasangkan sama inner warna apapun. Para pustakawan, look ini bakal bikin kalian keliatan manis, santai dan sopan di waktu bersamaan. 90's fashion won't hurt us, babe!



13. Eun Bong Hee (Nam Ji Hyun) in Suspicious Partner (2017)

source : google.com

Another formal look from k-drama. Drama ini emang menceritakan kisah wanita karir, jadi kalian yang lagi nyari outfit ideas buat ngantor, bisa benget nonton drama ini. Surganya inspirasi pokoknya! Seperti yang aku bilang di poin awal, blazer is a must for formal look, nah Nam Ji Hyun yang memerankan Eun Bong Hee di drama Suspicious Partner ini memakai blazer set. Jadi, blazer dan pants-nya punya warna dan bahan yang sama. Look kaya gini emang cocok banget kalo dipake ke acara kayak seminar, peresmian, atau mau dipakai sehari-hari juga gak apa-apa. Tips dari look ini, kalau mau keliatan lebih casual, pakainya white sneakers ya. Biar gak formal-formal amat, kalo emang lagi pengen tampilan lebih santai. Lihat juga perpaduan blazer sama denim. Look kaya gini bisa dipilih buat kalian yang mau tetap atasannya formal, tapi bawahannya casual. 



14. Lelaina Pierce (Winona Ryder) in Reality Bites (1994)

source : google.com

source : google.com

Look manis ini cocok banget buat pustakawan yang maunya pakai flowy dress, karena biasanya bahan dress ini ringan dan nyaman banget buat dipakai. Karena karakter Lelaine yang diperankan oleh Winona Ryder pakainya sleeveless dress, maka kita siasati pakai outer biar tetap sopan. Bisa pakai cardigan atau blazer, nah kerasa kan kenapa blazer dan cardigan itu fashion items yang minimal harus kalian punya, karena mix and match-nya jadi lebih gampang kalau ada kedua items ini. Blazer untuk look yang lebih formal, sedangkan cardigan untuk look yang lebih casual and cozy. Atau, kalau mau pakai inner juga boleh, tinggal layer sama longsleeve warna hitam, broken white, lime, maroon, lavender, atau yellow mustard. Jangan lupa, loafers ngaruh banget buat nambahin vibe dari retro look kamu. 



15. Eun Tae Hee (Joy Red Velvet) in The Great Seducer (Tempted) (2018)


source : google.com

Nah, look terakhir ini kuncinya ada di cardigan dan floral dress. Karakter Eun Tae Hee yang diperankan oleh Joy lebih memilih warna pastel tanpa ada warna yang cerah atau vivid color. 



An extra look for boys!
This one is for you!

source : google.com

Dari tadi kan look buat pustakawati mulu ya. Nah, ini aku kasih one look for you guys, para pustakawan! Tampil rapih kaya dua wartawan iconic dari film All President's Men (1976), ya! Heheheh. Tapi gak usah pakai dasi juga gak apa-apa sih. Rata-rata cowo kan maunya yang simple aja. So, you guys can still rock with longsleeve shirt and loose pants. Untuk sepatunya, hindari sport shoes dan sneakers ya, boys! Lebih baik pakai slip on, boats, oxford, derby, loafers atau monk strap. Perfect!

Kira-kira segitu aja tips dalam 'Your Outfit Planner Machine' edisi kedua. Aku gak mengharuskan kalian ikutin apa yang aku jadiin do's and don'ts di artikel ini. Aku juga gak mengharamkan style yang aku hindari alias aku jadiin don'ts di tips ini. Tapi, tujuan aku nulis artikel ini adalah membantu kalian yang sedang mencari inspirasi. Ya, semoga tujuan aku benar-benar tercapai. Semoga artikel ini membantu dan berguna. Sampai jumpa di edisi 'Your Outfit Planner Machine' selanjutnya. See you!

written and posted by sy_syifa

Komentar

  1. Kalo aku boleh request tolong adain outfit kece ala-ala zaman dulu dong, retro misalnya hihihi, terima kasihh!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Top Articles