Personal Color : Summer Season

 Summer Season


source : google.com



Mungkin, dibayangan kalian warna-warna pada Summer adalah warna yang cerah dan ceria. Padahal, warna pada Summer jauh lebih kalem daripada Spring. Warna pada Summer lebih banyak unsur keabuan, dan diperkaya dengan undertone pinkish. Ya, seperti yang udah dibahas sebelumnya, Summer itu merupakan warna cool, jadi jangan heran kalau summer punya banyak warna yang hampir pink undertone. Pink pada spring lebih kepada ke-orange, sedangkan pink pada summer lebih ke arah rosy--karena warna pada summer mengandung lebih banyak warna biru.

Di pembahasan sebelumnya kita udah bahas terkait bright spring, true spring, dan light spring, kan? Hayo, lupa ya? Coba di cek lagi disini :


Di postingan kemarin, pembahasan terakhir ada pada tipe light spring. Masih inget, kan cirinya? Yap, warna summer yang mengarah ke summer, khususnya light summer. Makanya ada julukan untuk light spring, yaitu spring flows to summer. Eh, padahal bisa terlihat cukup jelas perbedaan light spring dan light summer. Nanti, kita bahas lebih lanjut dibagian light summer, ya. Sekarang, kita bahas kategori summer secara umum dulu.



Physical feature pada jenis summer akan terlihat greyish. Warna mata dan warna rambut akan terlihat memiliki undertone cool. Warna kulitnya akan terlihat kekuningan, sedangkan warna wajahnya seperti transparan--sehingga terlihat sedikit rona pink atau kemerahan. Warna kulit tipe summer cenderung lebih gelap dari tipe lain. Warna kulit tipe autumn sebenarnya juga cenderung lebih 'rich'. Tetapi, gelap pada tipe autumn tidak low-contrast seperti tipe summer. Tipe autumn memiliki unsur keabuan yang lebih tinggi, sehingga lebih pucat dibanding summer. Ciri selanjunya, physical feature pada jenis summer akan memiliki tingkat kontras yang rendah. Berbeda dengan ciri pada winter, yang tingkat kontrasnya tinggi-- physical feature pada summer (baik rambut, mata, dan kulit) semua akan terlihat senada, yaitu keabuan. Misalnya, rambut ashy undertone, mata grey-blue, dan kulit abu keemasan. Walaupun sama-sama cool tone, physical feature pada winter justru memiliki kontras tinggi. Rambut hitam legam, sedangkan kulit putih cerah. Yuk, langsung aja kita bahas satu-satu tipe summer.


Light Summer


Seperti yang udah disinggung pada paragraf awal-awal, warna pada light summer memiliki sedikit karakteristik pada tipe warna yang berdekatan dengannya, yaitu light spring dan true summer. Cirinya :
  • hue pada light summer adalah neutral-cool.
  • valuenya light (muda). Ini merupakan kunci pada kategori light summer, dimana value sangat berpengaruh pada penampilan tipe light summer
  • chromanya sedikit soft. Sama dengan light spring, hanya saja light summer adalah versi cool tone nya. 
Perhatikan gambar berikut :



Pada foto pertama, warna ungunya lebih cerah, memiliki undertone warm (red undertone), 'strong', dan cerah/clear. Sedangkan, pada foto kedua warna ungunya lebih soft dan blue undertone (cool). Kira-kira seperti inilah perbedaan warna pada light spring (foto 1) dan light summer (foto 2). 

Nah, tadi kan aku juga udah bilang kalau light summer memiliki karakteristik pada tipe yang berdekatan dengannya, yaitu true summer. Oleh karena itu, warna pada light summer akan memiliki warna yang sedikit lebih gelap dan memiliki undertone yang lebih cool--seperti pada true summer.


Physical feature untuk tipe light summer biasanya memiliki warna rambut blonde (tetapi bukan orange blonde atau yellow blonde, melainkan ashy blonde), dan warna mata yang bercampur keabuan, seperti grey-blue, grey-brown, slate.

Artis yang personal color nya light summer yaitu Naomi Watts dan Son Ye Jin.



True/Cool Summer

Selanjutnya, true summer! Eh, sebelum lanjut, masih inget, kan tipe cool dan warm sama dengan istilah true. Jadi, selanjutnya bakal dipakai istilah true yaa, daripada cool-warm.


Cirinya :
  • Hue/temperature very cool.
  • Value pada true summer adalah medium. Warna tidak terlalu muda, tidak juga terlalu tua.
  • Chroma pada true summer adalah medium. Tidak terlalu keabuan dan tidak juga terlalu cerah. Tapi, tipe ini lebih mengandung unsur keabuan dibanding tipe light summer
Bagi mereka dengan tipe true summer, mereka akan sangat bergantung pada cool-warm suatu warna (temperatur). True summer sering disebut juga dengan 'summer flows to winter', sebab tipe ini memiliki karakteristik hue/temperature yang sama cool-nya dengan winter. Pada true summer kita juga menemukan bahwa warna palet ini lebih memiliki unsur cool tone dibanding tipe summer lainnya. Hal ini dikarenakan, tipe light summer bersinggungan dengan tipe light spring, sedangkan tipe soft summer akan bersinggungan dengan tipe soft autumn. Sehingga, kedua tipe summer tersebut (selain true summer), akan memiliki sedikit unsur warm dari tipe spring dan autumn. Sesungguhnya ini berlaku untuk semua jenis tipe, seperti deep autumn yang bersinggungan deep winter, sehingga karakteristik warna akan sedikit mirip, yang membedakan adalah hue/temperaturenya. Begitu juga clear/bright winter yang bersinggungan dengan clear/bright spring. 


Physical featur pada true summer juga lebih gelap dibanding light summer. Warna rambut true summer, rata-rata deep ash brown. Brown disini memiliki undertone cool, bukan brown yang kemerahan maupun ke-orange-an. Warna mata mereka juga biasanya biru, ataupun abu-abu.

Artis dengan tipe true summer adalah Irene dan Kate Middleton.



Soft Summer

Tipe terakhir adalah soft summer. Tipe ini bisa dibilang tipe summer flows to autumn--khususnya soft autumn.


Kita aan menemukan beberapa warna yang 'earthy' seperti pada palet soft autumn. Memang tipe soft autumn bersinggungan dengan tipe soft summer. Akibatnya, pada tipe soft summer terdapat warna-warna yang ada diwilayah soft autumn

Cirinya :
  • Hue-nya neutral-cool.
  • Valuenya medium. Warnanya tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  • Chromanya Very Soft. Terlihat pada palet warna diatas, tipe soft summer memiliki tingkat warna yang unsur kekusamannya sangat tinggi. Sehingga, tipe ini akan tampak lebih 'charming' dengan warna-warna soft/keabuan/kusam.

Physical feature untuk tipe ini sangat mengandung unsur keabuan tinggi, seperti warna pada mata yaitu light hazel, dan warna pada rambut yaitu light to medium golden blonde atau light medium golden brown dengan unsur keabuan. Walaupun unsur abu-abu banyak terkandung pada tipe ini, tetapi jika dikenakan pada orang yang tepat, yaitu tipe soft summer--bukannya membuat mereka kusam, warna-warna pada palet tersebut justru membuat mereka lebih charming.

Artis dengan tipe soft summer adalah Jun Ji Hyun dan Angelina Jolie.




Wah, akhirnya selesai juga pembahasan summer kali ini. Postingan selanjutnya aku bakal bahas tipe autumn nih! Jangan kelewatan, ya.

Baca juga : 

Komentar

Top Articles