Personal Color : Winter Season

 Winter Season


   source : google.com


    Sebenarnya, dalam seasonal color jenis winter ini bukanlah yang terakhir, begitupula dengan jenis spring--itu juga bukan yang pertama. Hanya saja, pada kenyataannya musim selalu diawali dengan spring dan diakhiri winter. Pada seasonal color, keempat jenis tersebut saling berkaitan dalam suatu lingkaran spektrum warna. Oleh karena itu, setiap jenis seasonal color pasti memiliki dua tipe yang netral. Tipe yang netral dapat berarti bahwa satu jenis seasonal color memiliki karakteristik warna yang berada pada wilayah 'tetangganya'.
    Seperti di pembahasan ini misalnya. Mungkin kita akan berpikir bahwa jenis winter diisi oleh warna-warna gelap, warna tua, atau warna yang memiliki tingkat kontras tinggi dengan warna kulit yang dimiliki oleh orang-orang yang masuk dalam kategori winter ini. Padahal, winter juga memiliki sisi netral yang diisi oleh warna-warna hangat. Warna hangat (warm) tersebut berasal jenis autumn dan spring yang berada berdekatan pada lingkaran spektrum seasonal color

Kalau lupa-lupa inget tentang autumn color, lebih baik cek lagi aja nih link dibawah, biar lebih pasti. Hehe.


 

    Namun, pada dasarnya ciri warna jenis winter ini adalah warna yang icy. Warna yang icy merupakan warna yang clear/terang, tetapi juga sangat muda/light. Bahkan, warna icy lebih muda dibanding warna pastel, hal ini dikarenakan icy memiliki kadar putih yang tinggi. Selain itu, jenis winter juga diisi oleh warna-warna dengan karakteristik deep (tua) dan clear (terang). Walaupun sama-sama memiliki sisi 'clear' yang sama dengan spring, warna pada winter lebih kepada sangat muda dan/atau sangat tua. Warna sangat muda yang dimaksud adalah icy color. Selain itu, tentu saja perbedaan utamanya adalah mereka memiliki perbedaan temperature. Winter pada sisi cool, sedangkan spring pada sisi warm.
    Jenis winter juga diisi oleh orang-orang dengan physical feature yang memiliki high contrast dengan warna kulitnya. Bukan berarti setiap jenis winter harus diisi oleh orang dengan warna kulit fair (sangat cerah), tetapi juga ada yang berasal dari warna kulit deep/dark (sangat gelap). Warna rambut yang dimiliki jenis winter adalah mid-brown sampai hitam. Sementara, warna mata mereka memiliki unsur cool tone yang tinggi, seperti warna clear blue atau cool green.
    Jenis winter sangat terlihat baik dengan warna hitam atau putih, karena hitam atau putih akan terlihat kontras dengan kulit mereka. Sama seperti bintang yang besinar di langit gelap, jenis winter juga perlu warna yang lebih kontras gelap dan terangnya dengan kulit mereka. Lebih lanjut, mari kita bahas satu persatu cabang yang ada di jenis winter ini.

Dark/Deep Winter


Cirinya adalah :
  • Hue atau temperature warnanya neutral-cool.
  • Valuenya Very Dark/Deep. Ini merupakan kunci dari tipe dark/deep winter, karena masih terinfluence dengan deep/dark autumn.
  • Chromanya medium to bright. 


    Tipe ini muncul setelah urutan deep autumn, sehingga karakteristik pada deep winter akan sedikit mirip dengan deep autumn. Lihat palet warna diatas. Warnanya tidak semua berasal dari blue undertone (cool tone), tetapi juga ada yang berasal dari warm tone. Hal ini dikarenakan deep winter bersinggungan dengan deep autumn. Physical feature yang dimiliki deep winter juga akan memiliki karakteristik tingkat valuenya sangat gelap atau warna tua. Warna mata mereka adalah black, dark hazel, atau deep brown. Begitupula warna rambut mereka, yaitu medium-black brown, steel gray, atau salt and paper.

Artis dengan tipe deep/dark winter adalah Tiffany Young dan Anne Hathaway.






True Winter


    Ini merupakan inti dari jenis winter. Warna pada palet ini berisi warna icy dan juga warna yang gelap, karena true winter bersinggungan dengan deep winter, maka ia memiliki karakteristik deep winter.
Cirinya :
  • Hue atau temperaturenya Very Cool. Walaupun ia bersinggungan dengan deep winter dan bright/clear winter, tetapi mereka tidak menginfluence dalam segi temperatur. Mereka lebih menginfluence dari segi value dan chroma. 
  • Valuenya medium, atau ada dark dan ada juga yang bright. Dark didapatkan dari dark winter.
  • Chromanya medium to bright, hal ini dikarenakan jenis winter adalah jenis yang bright/clear, sama dengan spring. Warna pada wilayah mereka jarang diisi oleh warna keabuan atau soft, justru mereka akan terlihat tidak hidup jika harus berhadapan dengan abu-abu. Karakteristik bright didapatkan dari tipe bright/clear winter, yang mana tipe itu bersinggungan dengan tipe bright/clear spring. 


Physical feature yang dimiliki oleh true winter lebih memiliki undertone blue (cool) lebih banyak dibanding tipe netral seperti deep/dark winter dan bright/clear winter. Warna mata mereka adalah biru, charcoal, atau violet. Warna rambut mereka adalah hitam (blue undertone), silver, dan salt and pepper tanpa ada sedikit pun tone emas ataupun tone kemerahan. Palet warna mereka juga memiliki warna icy yang lebih banyak dan lebih ber-undertone cool daripada deep/dark winter dan bright/clear winter.

Artis yang personal color -nya true winter adalah Katy Perry dan Seulgi.




Bright/clear winter


Cirinya :
  • Huenya neutral-cool. Hal ini dikarenakan tipe bright/clear winter bersinggungan dengan tipe bright/clear spring. Sehingga warna warm tone dari bright/clear spring akan sedikit menginfluence tipe bright/clear winter.
  • Valuenya medium. Hal ini dikaenakan bright/clear winter memiliki karakteristik warna yang sedikit tua dari tipe true winter.
  • Chromanya adalah kunci tipe bright/clear winter. Chroma tipe bright/clear winter adalah Very bright. Karakteristik ini didapatkan dari tipe bright/celar spring. 


Physical feature yang dimiliki tipe bright/clear winter bercirikan yellow dan blue undertone, dengan blue undertone yang lebih dominan. Warna mata mereka adalah bright blue, violet, dan emerald green. Sedangkan, warna rambut mereka adalah medium-dark brown, serta hitam dengan blue atau ash tint.
Palet warna pada tipe ini sangat mencirikan warna spring, namun dengan versi cool--karena ini winter yang memang dominan range warna cool-nya dibanding warm-nya.

Artis dengan personal color jenis bright/clear winter adalah Joy dan Alexis Bledel.




Kesimpulannya : Setiap jenis musim, diawali dengan tipe yang netral, seperti bright/clear-light-soft-deep/dark. Contoh, untuk jenis spring, diawali dengan bright yang mana itu adalah tipe netral, karena bersinggungan dengan tipe bright winter. Begitupula jenis lainnya, setiap tipe yang tidak diawali dengan awalan true atau cool/warm, maka dikategorikan sebagai netral, tinggal disesuaikan saja netral tersebut berada pada wilayah mana, ketika netral berada di jenis warm maka netral tersebut merupakan neutral to warm, begitupula untuk jenis cool. Sedangkan setiap awalan true, mereka hanya akan bersinggungan dengan sekawannya, yaitu winter dan summer, atau spring dan autumn. Setiap warna pada spring dan winter, didominasi oleh warna dengan karakteristik bright/clear atau saturasi (chroma) tinggi. Sedangkan, summer dan autumn, didominasi oleh warna dengan karakteristik soft atau saturasi (chroma) rendah. Oleh karena itu, biasanya orang dengan jenis spring dan winter memiliki kontras yang tinggi pada physical featurenya. Sedangkan, summer dan autumn akan memiliki kontras rendah dan memiliki banyak unsur keabuan, atau 'muted' di setiap physical featurenya.
Sama seperti cahaya matahari langsung, spring atau yang disebut dengan sun akan memiliki karakter warna cerah. Begitupula winter yang diibaratkan sebagai bintang yang bersinar terang diantara gelapnya langit malam, maka winter akan memiliki karakter warna yang kuat. Sedangkan, summer dan autumn tidak memiliki karakter warna yang kuat atau sering disebut muted.

Baca juga : 

Komentar

Top Articles