Personal Color : Spring Season

Spring (Warm)
 
source : google.com


Sama seperti ilustrasi diatas, warna pada kategori spring terlihat cerah, terang, dan 'berani'. Tiga kata kunci untuk warna pada kategori spring adalah yellow based (warm tone), clear, dan light. Seperti diawal pembahasan, warm sering disebut true. 

Masih inget urutan ke-12 seasonal color? Kalo lupa, coba cek deh di postingan ku yang sebelumnya tentang gambaran umum seasonal color. Nih, di klik ya linknya.


Kalo udah, balik ke pembahasan tentang spring, yuk.





Secara garis besar, ciri-ciri physical feature pada orang yang memiliki personal color spring tone ialah rambut berwarna blonde-coklat terang dengan emas atau merah sebagai undertonenya. Warna mata biru cerah, turqoise, green, hazel, atau coklat muda. Untuk warna kulit, cenderung cerah tetapi dengan undertone warm, atau pipi yang secara alami sedikit berwarna peach. Lihat palet warna pada spring seperti ilustrasi diatas, warnanya cerah, memiliki warm undertone, dan terlihat bersih--jarang ada kesan keabuan. Cabang pada spring sering juga dikenal dengan tiga jenis berikut :

Bright/Clear Spring


Cirinya :
Hue-nya Neutral-Warm (neutral cenderung warm)
Value-nya Medium (tidak terlalu banyak kadar hitam maupun putih)
Chroma-nya Very Bright/Clear (mengandung sangat sedikit kadar abu-abu, warnanya tidak kusam)
 

Bright Spring berada diantara Bright Winter dan True Spring. Oleh karena itu, warna pada palet ini memiliki sedikit unsur cool tone, yang mana didapat dari wilayah winter. Sering disebut juga sebagai versi cool tone dari palet warna spring yang lain, walaupun yang kita tahu spring adalah kategori warm. Bright/clear spring juga memiliki ciri warna lebih 'saturated' atau lebih terang dari True Spring/Warm Spring yang masih memiliki unsur warna yang soft, kusam, atau low-saturated. Seperti keterangan diatas--pada bagian yang saya beri warna merah, artinya itu menjadi kunci atau unsur yang paling berpengaruh pada tipe ini. Yaitu, chroma. Orang yang masuk kategori Spring season lalu juga dipengaruhi unsur chrome, berarti mereka termasuk jenis Bright/clear spring yangg akan terlihat lebih hidup ketika memakai warna-warna spring yang cerah.


Seperti yang udah dibahas di atas, Bright/clear spring merupakan tipe paling cool tone diantara tipe spring lainnya. Tetapi, tetap saja palet warna mereka didominsi warm tone (red undertone lebih banyak dari blue undertone). Physical feature, seperti rambut, warna kulit, dan warna mata pada tipe bright/clear spring juga tidak terlalu berwarna merah terang, atau masih medium.

Artis yang personal color nya Bright/Clear Spring adalah IU dan Emma Watson. 





True Spring

Cirinya :
Hue-nya Very Warm 
Value-nya Medium cenderung netral (tidak terlalu banyak kadar hitam maupun putih atau kadar keduanya seimbang)
Chroma-nya Mostly Bright (mengandung sedikit kadar abu-abu, sehingga warnanya cenderung cerah dan tidak kusam).

Berbeda dengan jenis lainnya, setiap jenis True--baik spring, summer, autumn, dan sampai winter, tidak ada toleransi lagi untuk warna-warna selain warna yang memang tidak berada pada wilayahnya. Tidak seperti Light Spring yang masih bisa menyasar sedikit kearah Summer, ataupun Bright/clear spring yang mengambil sedikit warna cool tone dari winter; True spring benar-benar 'keukeuh' dengan warm tone nya. Yang menjadi kunci pada jenis ini adalah Hue atau temperatur. Ya, seperti yang tadi udah aku bilang jenis True sangat menekankan pada warm atau cool tone pada warna. Orang dengan personal color True Spring akan sangat dipengaruhi oleh temperatur warna pakaian atau makeup yang mereka gunakan. Ada juga yang mengelempokkan True Spring atau Warm Spring ini punya hubungan dekat dengan jenis True Autumn/Warm Autumn. Hal ini disebabkan Spring dan Autumn sama-sama warm tone, ditambah lagi titel 'True' yang menyebabkan warna pada wilayah mereka sulit diganggu gugat.

 


Physical feature yang dimiliki True Spring menonjolkan red undertone/warm tone. Warna rambut yang cocok atau secara alami membuat mereka lebih hidup adalah blonde dengan undertone merah seperti strawberry blonde, coppery red, light auburn, dan deep golden blonde. Warna mata mereka juga memiliki underetone warm, seperti hazel, warm blue, dan golden green.

Artis yang personal color - nya True Spring adalah Jessica Chastain dan Yoo In Na.

 
 




Light Spring


Cirinya :
Hue-nya Neutral sampai Warm.
Value-nya Light atau warna pada palet ini cenderung lebih muda
Chroma-nya Medium bright (warnanya tidak terlalu cerah, bahkan sedikit mengandung unsur keabuan)

Tipe Light Spring adalah versi lebih soft dan sediki lebih cool dari True Spring. Tipe Light Spring juga sama sensitifnya dengan true spring.  Bedanya, true spring 'sensitif' ketika sudah memakai warna baju atau makeup kearah cool tone. Sedangkan, light spring sensitif terhadap warna yang lebih dark atau gelap. Karena tipe light spring adalah satu-satunya tipe spring yang memiliki warna sedikit soft atau keabuan, maka bisa dibilang ia adalah versi warm nya dari summer. Biarpun begitu, tingkat soft pada ligth spring tidak setinggi summer dan autumn. Hal ini dikarenakan, secara garis besar, tipe spring bersama-sama dengan kawannya-- tipe winter, merupakan tipe yang memiliki karakter warna cenderung bersih/clear.



Physical feature yang dimiliki Light Spring juga tidak setegas warna-warna 'warm'-nya seperti pada tipe true spring. Tipe light spring memiliki unsur keabuan di rambut dan warna matanya. Ciri warna matanya adalah biru, hijau, dan light hazel. Sedangkan warna rambutnya adalah light to medium golden blonde atau light to medium golden brown. Warna blonde yang dimiliki juga sudah tercampur dengan keabuan sehingga physical feature mereka juga dibilang versi warm dari tipe summer.

Artis yang personal color - nya Light Spring adalah Lee Yeon Hee dan Taylor Swift.

 


Bagaimana untuk penjelasan tipe spring? Mudah atau membingungkan? 

Kalau masih bingung, wajar kok. Analisis personal color juga perlu dilakukan dengan teliti, bahkan para analysts personal color mempertimbangkan juga angle dan cahaya (indoor maupun outdoor) karena ini juga berpengaruh ketika analisis dilakukan hanya melalui foto dan bantuan aplikasi edit foto untuk mengatur warna pada foto tersebut.


Awalnya aku juga kebingungan untuk memahami prinsip-prinsip personal color. Tapi semakin ditelusuri, ternyata semakin menarik. Ternyata, kita semua spesial. Kita bisa dapat tampil lebih charming ketika kita tahu kelebihan kita. Mulai sekarang, cintai diri kita masing-masing, yuk. Kita semua indah dengan cara kita, kita tidak mungkin diciptakan dengan asal-asalan. Terbukti dari variasi warna kulit yang Tuhan ciptakan, bayangin kalau dituangkan kedalam palet warna, sudah berapa warna yang Tuhan tuangkan ke tiap-tiap kulit manusia--yang tentuanya sangat variatif. Kita sebagai manusia hanya bisa mengelompokkan secara garis besar warna-warna kulit yang sudah ada, sampai akhirnya ditemukan 'personal color' untuk mengetahui mana warna yang terbaik untuk kita. 

Oiya, mau ingetin, pembahasan personal color masih berlanjut. Yuk, cek tipe-tipe lainnya di postingan selanjutnya.


Baca juga :






Komentar

Top Articles